Konsumsi 8 Makanan ini untuk Gigi Sehat

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 21.11 -
  • 0 komentar
Konsumsi 8 Makanan ini untuk Gigi Sehat - Senyawa polifenol dalam teh hitam dan hijau memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.



Plak yang menmpel pada gigi Anda akan menghasilkan asam yang dapat merusak enamel gigi, menyebabkan gigi berlubang dan penyakit pada gusi. Untuk menghindari plak berbagai cara dilakukan mulai dari menyikat gigi secara teratur dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang. Tindakan tersebut memang membantu kesehatan gigi dengan menyingkirikan gula dan partikel lainnya yang bekerja sama dengan bakteri membentuk plak pada gigi.

Sebuah kabar baik muncul, bahwa penelitian menemukan makanan tertentu yang baik bagi gigi. Christine D. Wu, seorang peneliti kedokteran gigi pediatrik di University of Illinois di Chicago mengungkapkan sama halnya dengan makanan sehat bagi jantung anda, berikut adalah "makanan fungsional" yang baik bagi kesehatan gigi Anda.

Teh
Senyawa polifenol yang ditemukan dalam teh hitam dan hijau, memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Para peneliti di University of Illinois di Chicago menemukan bahwa orang yang berkumur dengan teh hitam sepuluh kali sehari selama satu menit lebih sedikit memiliki penumpukan plak pada gigi daripada orang-orang yang berkumur dengan air. Bahkan ukuran dan plak yang menempel pun juga ikut berkurang.

"Teh melemahkan kemampuan beberapa bakteri mengumpul dengan bakteri lainnya," kata para peneliti. Studi tahun 2010 dalam Journal of Dental Research, Wu bersama rekannya menulis thattea, terutama teh hitam  dapat memerangi halitosis atau bau mulut. "Polifenol menekan gen bakteri yang mengontrol produksi senyawa bau di mulut," kata Wu .

Keju
Jurnal General Dentistry menulis bahwa anak yang berusia 12 hingga 15 tahun yang mengonsumsi keju cheddar memiliki tingkat kadar asam yang rendah di mulut mereka dibanding mereka yang meminum segelas susu ataupun yogurt bebas gula. Setelah mengonsumsi makanan para remaja membilas mulut mereka dengan air.

Tingkat pH dimulut diukur 10,20,hingga 30 menit setelah pembilasan. Mereka yang minum susu ataupun mengonsumsi yoghurt menunjukkan tidak ada perubahan pada tingkat pH, tetapi mereka yang mengonsumsi keju menglami penurunan pada setiap interval pengukuran.

"Keju dapat menetralkan asam plak," kata Wu. Terlebih lagi, mengunyah meningkatkan produksi air liur. "Seperti sungai, air liur mencuci dan membawa keluar beberapa bakteri di mulut," katanya .

Kismis
Kismis memiliki rasa manis alami, tidak mengandung sukrosa atau gula meja. Kismis merupakan sumber dari phytochemical, yang dapat membunuh bakteri penyebab plak rongga. Beberapa senyawa dalam kismis juga memengaruhi pertumbuhan bakteri yang terkait dengan penyakit gusi .


Makanan Renyah
Dibutuhkan usaha lebih untuk mengunyah makanan seperti woretel, apel dan mentimun. Tapi kunyahan tersebut tidaklah sia-sia karena kunyahan tersebut dapat menggempur plak yang menempel pada gigi dan juga berfungsi sebagai mekanisme pembersihan.

Makanan kaya vitamin
Menurut American Dental Association, makanan yang mengandung kalsium  seperti keju, almond, dan sayuran hijau, serta makanan yang tinggi fosfor seperti daging, telur dan ikan dapat membantu menjaga enamel gigi tetap kuat dan sehat. "Makanan asam dan minuman dapat menyebabkan lesi kecil pada email gigi. Kalsium dan fosfat membantu mineral redeposit kembali lesi tersebut. Kalsium juga baik untuk tulang, termasuk rahang Anda," kata Wu.

Permen karet rendah gula
Mengunyah permen karet setelah makan dapat meningkatkan sekresi air liur yang dapat menyingkirkan beberapa bakteri. "Dengan catatan permen karet rendah gula. Karena bakteri mengandalkan sukrosa untuk menghasilkan plak," kata Wu.

Susu
Dalam Journal American Dental Association, Wu dan timnya menemukan bahwa minum segelas susu setelah kehausan, rasa manis gula yang berasal buah loop dapat menurunkan kadar asam di mulut daripada meminum air mineral atau jus apel.


"Susu dapat menetralkan beberapa asam yang dihasilkan oleh bakteri plak. Namun menambahkan susu pada sereal tidaklah memiliki khasiat yang sama, karena susu menjadi manis dan rasa manis berpengaruh buruk pada gigi," tambah Wu .

Minum segelas susu kefir setelah makan hidangan penutup yang manis, seperti kue coklat, dapat melindungi gigi .

Cranberry
Jurnal penelitian karies menulis bahwa cranberry mengandung polifenol yang dapat mencegah plak menempel di gigi, sehingga menurunkan risiko gigi berlubang. Namun yang harus diwaspadai adalah karena rasa buah yang sangat asam, banyak produk cranberry yang telah ditambahkan gula, yang dapat memengaruhi khasiat alami bagi gigi Anda.

(Umi Rasmi Sumber: Live Science untuk gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: