Air liur dan Permen Karet

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 09.34 -
  • 0 komentar

Air liur dan Permen Karet - Peranan air liur dalam rongga mulut sangat penting antara lain untuk menjaga mulut tetap lembab. Aliran air liur meningkat saat kita makan, memungkinkan kita untuk mengunyah dan menelan makanan. Air ĺiur juga memiliki efek perlindungan dengan menetralkan asam ketika kita makan karbohidrat yang dapat menurunkan pH mulut kita. Selain itu air liur dapat membersihkan rongga mulut dari makanan setelah kita makan.

Ketika kita mengunyah permen karet akan merangsang aliran liur untuk lebih menetralkan asam dari makanan yang dimakan.  

Ini berarti bahwa kita dapat mengurangi jumlah gigi yang rusak dengan membatasi asam pada gigi. Setelah makan, pH plak gigi kita menjadi asam selama beberapa waktu, gigi melemah dan menjadi rentan terhadap kerusakan gigi.

Selama dua tahun studi tentang pengunyahan permen karet dilakukan pada populasi anak-anak dari kelas tiga sampai lima di Eropa. Seiring dengan penggunaan air non-fluoride dan pasta gigi fluoride secara teratur, setelah satu tahun menunjukkan hasil bahwa anak-anak yang mengunyah permen karet tanpa gula sorbitol mengalami penurunan 41,7 persen pada karies gigi dibandingkan dengan kelompok kontrol anak-anak yang tidak mengunyah permen karet. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mengunyah tiga buah permen karet tanpa gula per hari tidak sulit untuk dilakukan.

Pencegahan sederhana. Bicaralah dengan profesional gigi Anda tentang pilihan cerdas Anda dapat membuat untuk membantu meningkatkan kesehatan mulut Anda melalui penggunaan permen karet.(gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: