Cheilitis

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 09.22 -
  • 0 komentar
Cheilitis adalah peradangan dan retak pada sudut mulut. Kadang-kadang terjadi hanya pada satu sisi mulut, tetapi biasanya melibatkan kedua sisi. Gangguan ini paling sering terjadi pada orang dengan gigi palsu yang tidak pas dan orang dengan kebiasaan yang mengiritasi sudut mulut, seperti menjilat atau menggosok daerah tersebut.

Orang dengan gangguan kesehatan seperti anemia, diabetes dan menurunnya daya tahan tubuh juga rentan mengalami cheilitis.

Gejala Cheilitis
Retak,  peradangan yang menyakitkan di sudut mulut.

Diagnosa Cheilitis
Dokter gigi akan melihat dulu untuk melihat apakah gigi palsu Anda sudah pas. Dia juga akan menanyakan tentang kebiasaan mulut Anda, seperti menjilati atau menggosok sudut mulut. Tes darah dapat dilakukan untuk menguji anemia atau defisiensi imun, dan uji lab dari area peradangan untuk mendeteksi infeksi bakteri atau jamur.

Pencegahan Cheilitis
Jika Anda memakai gigi palsu, kunjungi dokter gigi Anda untuk memastikan cocok dengan benar dan cukup mendukung wajah. Hindari menjilat atau menggosok sudut mulut Anda.

Pengobatan Cheilitis
Pengobatan berfokus pada menghilangkan penyebab seperti kebiasaan menjilat sudut mulut atau gigi palsu yang kurang pas. Infeksi dapat diobati dengan steroid atau obat antijamur atau antibakteri yang dioleskan secara langsung ke daerah yang terkena. Infeksi berat, terutama pada orang dengan masalah medis yang mendasari, mungkin memerlukan obat diminum.

Jika Anda mengalami peradangan konstan atau berulang di sudut mulut, Anda harus menghubungi dokter gigi untuk pengecekan lebih jauh.  (gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: