Diastema

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 09.22 -
  • 0 komentar
Diastema adalah ruang ekstra antara dua gigi atau lebih. Celah diantara dua gigi depan rahang atas adalah area di mana diastema paling sering terlihat. Banyak anak mengalami diastema saat gigi sulung tanggal, meskipun dalam kebanyakan kasus ruang ini merapat ketika gigi permanen erupsi.

Diastema dapat juga disebabkan oleh perbedaan ukuran gigi, gigi yang hilang dan frenulum labial terlalu besar. Frenulum adalah jaringan yang membentang dari bagian dalam bibir ke jaringan gusi di mana dua gigi depan atas berada.

Pengobatan Pilihan untuk Diastema

Setelah dokter gigi menemukan penyebab diastema Anda, rencana perawatan akan dibahas. Pilihannya antara lain :
- membuat veneer porselen pada kedua gigi
- Jika penyebabnya adalah frenulum labial yang besar, Anda mungkin akan dirujuk ke periodontist atau bedah mulut untuk prosedur operasi yang disebut frenektomi. Prosedur ini melibatkan pemotongan frenulum dan kemudian reposisi untuk memungkinkan lebih banyak fleksibilitas. Jika frenektomi tersebut dilakukan pada anak, diastema mungkin akan menutup dengan sendirinya. Jika dilakukan pada remaja atau orang dewasa, diastema perlu ditutup dengan kawat gigi.
Konsultasi dengan dokter gigi Anda sangat penting untuk menentukan pilihan mana yang merupakan pilihan yang tepat untuk pengobatan Anda. (gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: