Hubungan Masalah Gusi dengan Kemampuan Ereksi

Sebuah studi terbaru yang di rilis oleh Journal Sexual Medicine menemukan bahwa pria usia 30-an yang memiliki penyakit periodontal parah, tiga kali lebih rentan terserang masalah ereksi.
Meskipun begitu, American Academy of Periodontology (AAP) merasa perlu melakukan lebih banyak penelitian sebelum memastikan hubungan antara disfungsi ereksi dan penyakit periodontal.

Menurut Nancy L. Newhouse,DDS,MS, president AAP, "Penelitian menunjukkan bahwa penyakit periodontal berhubungan dengan penyakit pembuluh darah yang merupakan penyebab umum disfungsi ereksi. Walaupun dianggap memiliki kesamaan peradangan, tidak ada bukti langsung bahwa suatu penyakit menyebabkan penyakit lain. Oleh karena itu, penyakit periodontal dihubungkan dengan faktor resiko disfungsi ereksi, tapi tidak sepenuhnya menyebabkan kelainan itu."

Penyakit periodontal adalah peradangan yang menyerang gusi dan tulang pendukung gigi. Jika tidak teratasi, penyakit periodontal dapat menyebabkan kehilangan gigi. Beberapa studi menghubungkan penyakit periodontal dengan komplikasi kesehatan umum seperti penyakit jantung dan diabetes.

Walaupun tidak ada penyebab langsung antara penyakit periodontal dengan disfungsi ereksi, Dr.Newhouse menganjurkan setiap pria untuk berperan aktif pada kesehatan gigi dan gusinya sebelum mempengaruhi bagian tubuh lain. Penelitian yang di rilis Journal of Periodontologyy menemukan wanita dia kali lipat lebih rajin memeriksakan giginya daripada pria.(gigi sehat)