Mengenal Kalkulus

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 09.15 -
  • 0 komentar
Apa itu Kalkulus ?
Kalkulus atau karang gigi adalah plak yang telah mengeras pada gigi Anda. Kalkukus dapat terbentuk di bawah gusi dan mengiritasi jaringan gusi. Kalkulus memberikan plak permukaan yang lebih luas untuk tumbuh dan lebih lengket untuk menempel,  yang dapat menyebabkan kondisi lebih serius, seperti gigi berlubang dan penyakit gusi.

Tidak hanya dapat mengancam kesehatan gigi dan gusi,kalkulus juga memberikan masalah estetis. Karena kalkukus lebih berpori, maka dapat menyerap noda dengan mudah. Jadi jika Anda seorang peminum kopi atau teh, atau jika Anda merokok, sangatlah penting untuk mencegah penumpukan kakulus.

Tidak seperti plak, kalkulus adalah penumpukan mimeral yang  lebih mudah di lihat. Tanda paling umum dari kalkulus adalah warna kuning atau coklat pada gigi atau gusi. Satu-satunya cara pasti untuk mendeteksi kalkulus - dan untuk menghapusnya - adalah dengan mengunjungi dokter gigi Anda.

Setelah kalkulus terbentuk, hanya dokter gigi atau ahli kesehatan yang dapat menghapusnya. Proses untuk menghapus kalkulus disebut scaling. Selama scaling, dokter gigi atau ahli kesehatan menggunakan instrumen khusus untuk menghilangkan kalkulus dari gigi atas dan di bawah garis gusi.

Kalkulus mengancam kesehatan mulut yang baik dan membuat senyum Anda terlihat tidak indah...  (gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: