Penyebab Gigi Kuning

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 04.51 -
  • 0 komentar
Senyum manis lengkap dengan deretan gigi putih cemerlang adalah dambaan setiap orang, karena gigi adalah sentral utama saat kita berbicara berhadapan dengan orang lain.
Lalu di klinik banyak sekali pertanyaan yang timbul "dok, kok gigi aku kuning sih, kenapa ya?"

Yuuk, coba kita simak hal-hal di bawah ini, mungkin saja salah satu atau beberapa diantaranya adalah penyebab gigi anda menjadi kuning.

Beberapa faktor penyebab gigi kuning :

1. Natural, alami :
Tidak semua dari kita cukup beruntung untuk memiliki gigi putih alami. Sebenarnya sebagian besar dari permukaan terluar gigi (email) manusia berwarna putih. Tetapi lapisan di bawahnya yang disebut dentin alami nya berwarna kuning. Pada kondisi email yang tidak mengalami mineralisasi dengan baik, menyebabkan warna dentin menjadi tampak jelas, sehingga gigi tampak berwarna kuning.

2. Usia
Seiring bertambahnya usia, produktivitas tubuh untuk menyerap nutrisi dan vitamin semakin menurun, sehingga Kalsium yang diserap tubuh juga semakin sedikit.

Pada orang dengan lanjut usia pun biasanya terjadi penipisan email, sehingga lebih terlihat warna dentin yang gelap.

3. Ketebalan dinding gigi
Setiap orang memiliki bentuk dan ketebalan gigi yang berbeda, dipengaruhi oleh genetika dan usia. Dinding gigi yang tipis lebih transparan sehingga terlihat warna dentin (kuning). Sedangkan dinding gigi yang tebal cenederung lebih cerah.

4. Kebersihan gigi dan mulut
Kondisi gigi dan mulut yang tidak terjaga kebersihannya selalu menghasilkan gigi berwarna kuning tentunya disertai sejumlah masalah gigi dan mulut lainnya

5. Pola makan
Kebiasaan mengkonsumsi makanan berpengaruh pada warna gigi. Beberapa yang dapat meninggalkan noda di gigi dan membuat gigi kuning adalah kopi, teh, soda, alkohol, dan makanan-makanan yang mengandung pewarna.

6. Kebiasaan merokok
Merokok dan mengunyah tembakau meninggalkan stain (warna) pada gigi oleh karena adanya deposit atau akumulasi nikotin pada gigi.

7. Konsumsi obat-obatan
Bahan kimia yang terkandung dalam obat dapat menyebabkan gigi kuning terlebih bagi orang yang mengkonsumsi dalam jangka panjang untuk terapi penyembuhan sakitnya.

8. Trauma
Terbentur benda keras saat jatuh menyebabkan saraf gigi mati sehingga gigi berubah warna menjadi gelap.

(gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: