Tindik Lidah

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 04.53 -
  • 0 komentar
Seni menghias tubuh ada berbagai macam. Salah satu yang sekarang sedang trend yaitu piercing atau tindik. Tindik yang sudah umum dilakukan adalah pada telinga. Seiring berjalannya waktu semakin banyak bagian tubuh tang ditindik seperti bibir, hidung, lidah bahkan alat kelamin.

Jika anda hendak melakukan tindik lidah, sebaiknya perhatikan dulu efek samping berikut :

# sakit
Lidah merupakan area yang sensitif. Rasa sakit disebabkan jarum yang menusuk lidah dan baru akan benar-benar sembuh 6-8 minggu kemudian. Cedera pada lidah akan mendorong pembengkakan hingga dua kali ukuran normal.

# kontaminasi
Jika peralatan dan perhiasan yang digunakan saat penindikan tidak steril, akan terjadi kontaminasi bakteri sehingga menyebabkan infeksi dan peradangan

# Infeksi
Tindik lidah lebih berpotensi terjadi infeksi dibandingkan bagian tubuh lain karena letaknya yang berdekatan dengan saluran pernafasan dan mengandung banyak pembuluh darah. Jika terjadi infeksi pada lidah dan bagian bawah lidah, bisa mengakibatkan pembengkakan lidah sehingga terjadi kesulitan bernafas.

# Kerusakan saraf
Penindikan pada lidah bisa merusak saraf pengecap sehingga menyebabkan kelemahan, kelumpuhan dan hilangnya sensasi lidah dalam merasakan sesuatu.

# Gigi patah
Menurut Loma Linda dari University School of Dentistry & Ohio State University College of Dentistry, 47% orang dewasa muda yang mengenakan piercing lidah setidaknya selama 4tahun akan mengalami gigi yang patah. Hal ini terjadi karena beberapa pengguna tindik lidah kerap memainkan perhiasan di lidahnya itu sehingga bergesekan dengan gigi. Gesekan yang terus menerus antara perhiasan dengan gigi akan mengakibatkan gigi retak dan patah, serta kerusakan pada gusi bagian dalam dan tulang penyangga gigi.

# Kerusakan gusi
Hasil penelitian menyatakan bahwa terjadi resesi gusi terutama gusi bagian dalam yang menghadap lidah dan kerusakan tulang rahang pada paien yang telah memakai tindik lidah setidaknya 4 tahun.


--dokdee--(gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: