Cara Membersihkan Retainer

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 23.06 -
  • 2 komentar

Retainer yang dipakai dalam jangka waktu tertentu dalam mulut tentu lama kelamaan akan kotor dan mengandung berbagai bakteri. Untuk memaksimalkan penggunaannya dan tidak membuat mulut semakin kotor, sebaiknya selalu bersihkan retainer secara berkala.

Tahapan membersihkan retainer adalah sebagai berikut :
1. Cuci retainer dengan air hangat atau dingin, jangan dengan air panas
2. Letakkan retainer pada wadah yang cukup untuk perendaman
3. Tuang larutan perendam ke dalam wadah sampai retainer terendam semua
4. Diamkan sekitar 2-5 menit
5. Ambil dan sikat dengan lembut retainer menggunakan sikat gigi
6. Bilas retainer dengan air hangat

Ada beberapa merk larutan pembersih yang dijual di pasaran, tetapi dari bahan-bahan di sekeliling kita juga dapat membuat sendiri. Beberapa orang senang membuat sendiri perendam untuk membersihkan retainer. Selain sudah memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan juga lebih hemat.

Berikut adalah beberapa bahan perendam yang dapat dibuat sendiri :

1) larutan hidrogen peroksida.

Encerkan hidrogen peroksida 50:50 dengan air dan gunakan sebagai larutan perendam. Hidrogen peroksida memiliki sifat antibakteri / antimikroba. Pembersih jenis ini tidak efektif untuk menghilangkan karang gigi.


2) larutan pemutih

Encerkan pemutih rumah tangga (Clorox) dengan rasio satu bagian pemutih dengan sepuluh bagian air keran dan gunakan sebagai solusi perendam. Penelitian telah menunjukkan bahwa campuran ini efektif dalam membunuh mikroorganisme yang terdapat pada peralatan gigi. Larutan ini juga bisa menghilangkan berbagai jenis noda.


3) larutan cuka 

Encerkan cuka putih biasa 50:50 dengan air keran dan gunakan sebagai larutan perendaman. Sifat asam dari cuka efektif menghilangkan akumulasi karang juga efektif dalam membunuh mikroorganisme.(gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

2 komentar:

  1. assalammualaikum wr.wb
    permisi kak mau tanyak
    ini larutan cuka yg seperti apa yah?
    demikian itu yg ingin saya tanyakkan?

    BalasHapus
  2. Kalau gunakan ubat gigi tiada alkohol boleh?

    BalasHapus