Tips menyikat gigi pada anak

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 18.24 -
  • 0 komentar
Tips menyikat gigi pada anak


Semua orang pasti tahu pentingnya menyikat gigi yang benar. Namun, sebagai orang tua pun tahu, membuat anak-anak untuk menyikat gigi mereka setiap pagi dan malam adalah tantangan yang cukup berat.

Jika "Aku tidak mau gosok gigi!" Adalah bagian familiar dari rutinitas malam keluarga Anda, coba simak tips di bawah ini.

3 tips untuk mengajak anak menyikat gigi :

1. Mempraktekkan apa yang Anda perintahkan
Cara terbaik mendorong anak-anak Anda untuk menjaga kesehatan gigi mereka adalah dengan menjadi contoh yang baik. Anak-anak secara alami ingin meniru apa yang orang tua mereka lakukan, jadi biarkan anak Anda melihat Anda menyikat dan pastikan untuk menunjukkan kebiasaan menyikat yang baik.

2. Membuat aktivitas menyikat yang menyenangkan
Berikan anak-anak kebebasan memilih sikat gigi karakter kartun kesukaannya dan pasta gigi aneka rasa sesuai selera mereka, hal ini akan membuat efek positif pada aktivitas menyikat gigi

3. Biarkan mereka belajar
Biarkan anak menyikat gigi sendiri sambil bermain-main, tapi tetap awasi penggunaan pasta nya dan sambil ajarkan perlahan teknik penyikatan yang benar. Sementara itu tergantung pada individu anak, kebanyakan anak-anak dapat menyikat gigi mereka sendiri antara usia 6 dan 9, Namun kita harus tetap mengawasi untuk memastikan mereka melakukannya dengan cukup baik.


Mengapa menyikat gigi bayi penting?
Jangan jatuh ke dalam perangkap berpikir bahwa kebersihan mulut bayi tidak penting karena "ahh cuma gigi bayi". The American Dental Association merekomendasikan anak-anak mengunjungi dokter gigi mulai usia 1 tahun.

Alasan untuk merawat gigi bayi meliputi:

- Gigi bayi membuka jalan bagi gigi dewasa yang nanti akan tumbuh
- lubang gigi menyebabkan rasa sakit
- Selain rasa sakit, masalah kesehatan gigi dapat menyebabkan masalah pada kemampuan berbicara dan mengunyah
- ciptakan kebiasaan kebersihan gigi yang baik saat anak Anda masih muda sehingga mereka akan terus menerapkannya hingga dewasa (gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: