Memilih Obat Kumur yang Tepat

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 18.14 -
  • 0 komentar

Jika Anda ingin menambahkan obat kumur dalam rutinitas perawatan mulut Anda, penting untuk mengetahui apa kegunaannya. Ada yang hanya menyegarkan napas, ada yang memberikan manfaat anti-rongga dari fluoride, bahkan ada yang mengandung bahan pembunuh kuman untuk membantu mencegah penumpukan plak.

Untuk membantu memilih obat kumur yang tepat,  patut dipertimbangkan yaitu :

- Mengandung alkohol atau tidak.
 Alkohol adalah komponen dari banyak obat kumur yang dapat bermasalah jika tidak sengaja tertelan dalam jumlah besar. Jika Anda ingin membeli satu jenis obat kumur untuk satu keluarga, dimana dalam keluarga anda masih ada anak-anak usia sekolah atau remaja, sebaiknya pilih obat kumur yang bebas alkohol. Juga, beberapa pecandu alkohol yang sudah sembuh sebaiknya hindari obat kumur dengan alkohol karena potensi untuk penyalahgunaan kembali.

- Sensitivitas. 
Beberapa orang memiliki gusi sensitif, mereka akan merasakan sensasi kurang nyaman di gusi dan mulut setelah berkumur. Jika Anda termasuk tipe ini, sebaiknya pilih obat kumur bebas alkohol atau yang terbuat dari bahan alami. Obat kumur alami biasanya mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya dan chamomile untuk efek menenangkan.

- Kontrol plak. 
Jika Anda ingin obat kumur yang tidak hanya membantu mengontrol bau mulut, tetapi juga membantu untuk mencegah penumpukan plak pada gigi, carilah obat kumur yang mengandung bahan anti-plak. (gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: