Apa yang Dilakukan Pada Hari Pertama Behel Terpasang

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 22.21 -
  • 0 komentar

" Waaah senangnya akhirnya aku pake behel", itulah salah satu contoh ekspresi kebahagiaan pasien-pasien yang senang setelah behel terpasang. Setelah itu bolak balik memandangi cermin dan senyum senyum sendiri atau foto selfie dan langsung upload ke sosial media.

Tetapi selain ekspresi kebahagiaan, banyak pertanyaan juga seputar bagaimana cara makan, apa yang di pantang dan sebagainya.

Pertama kali setelah behel terpasang, pasti ada perasaan aneh, seperti mulut yang terasa penuh, bibir susah menutup, atau seperti ada sesuatu di gigi yang tidak bisa anda lepaskan. Rasa sakit mulai terasa pada hari ke 2 dan ke 3 ketika behel mulai bekerja mengoreksi gigitan. Hari berikutnya behel sudah menjadi bagian dari anda, hanya perlu membiasakan diri sedikit.

Berikut beberapa tips yang untuk membantu melalui hari hari pertama pemasangan behel :

- untuk memuaskan lapar anda, makanlah makanan yang tidak menyebabkan gesekan di mulut seperti mashed potato, keju, sup, telur, es krim, yoghurt, dll. Makanan jenis itu mudah di kunyah dan tidak menekan gigi terlalu kuat saat di makan

- untuk meringankan rasa sakit di dalam mulut, berkumurlah dengan air garam hangat. Larutan ini dapat menurunkan bengkak di mulut, juga mengurangi peradangan dan menahan perkembangan bakteri. Komposisi yang baik untuk larutan adalah mencampur 1 sendok takar garam ke dalam 1 cangkir air hangat.

3. Tidak hanya gigi anda yang beradaptasi dengan behel, tapi pipi dan lidah juga bergesekan. Pada beberapa kasus, muncul sariawan di beberapa bagian. Hal ini bisa diatasi dengan wax. Mintalah wax pada dokter gigi anda, letakkan wax seukuran jagung di bagian behel yg tajam. Dan jangan pegang luka anda dengan lidah dan tangan.







Sent from my iPhone

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: