Makanan yg baik dan buruk untuk kesehatan gigi anda

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 21.24 -
  • 0 komentar


Makanan yg baik :

1. Buah dan sayur kaya serat

Makanan berserat merangsang aliran liur, selain baik untuk menjaga kesehatan gigi, juga sebagai pertahanan alami terbaik mencegah lubang dan penyakit gusi. Sekitar 20 menit setelah anda makan sesuatu yang mengandung gula atau pati, air liut anda mulai menetralkan asam yg menyerang gigi anda. Karena liur mengandung kalsium dan fosfat, juga mengembalikan mineral pada gigi.


2. Susu, yoghurt, dan produk olahan susu

Keju adalah pembangkit air liur. Kalsium pada keju dan kalsium dan fosfat pada susu dan produk olahan susu membantu mengembalikan mineral pada gigi yg hilang akibat makanan lain.

3. Teh hijau dan teh hitam

Teh hijau dan teh hitam mengandung polyphenol yang dapat berinteraksi pada bakteri dalam plak. Zat ini membunuh dan menekan bakteri, mencegahnya untuk berkembang dan untuk memproduksi asam yg menempel pada gigi. 


4. Minuman berfluoride

Air minum berfluoride atau produk apapun yg mengandung air minum berfluoride membantu gigi anda. Termasuk diantaranya jus tanpa gula atau sedikit gula dan sup. Makanan siap saji seperti produk ayam, seafood, cereal, juga bisa mengandung fluoride.


Makanan yg buruk untuk gigi

1. Permen manis dan lengket

Jika kita makan makanan manis, segeralah bersihkan mulut. Lolipop, karamel, dan makanan yg mengandung gula halus sangat buruk. Tapi beberapa coklat yg mengandung gula di lapisi lemak masih lebih baik karena dapat bersih dr mulut hanya dengan minum.

2. Makanan pati
Hindari apapun yang menempel di gigi. Karena jika sudah menempel di ceruk gigi sulit dibersihkan baik dengan sikat atau pun floss. Contoh produk pati adalah roti halus, kentang, dan popcorn.


3. Minuman ringan berkarbonasi

Termasuk di dalamnya adalah minuman sport berenergi. Selain sarat gula, kebanyakan minuman ini mengandung phosporic acid dan asam sitrat yang dapat mengikis email gigi.


4. Apapun yg membuat mulut kering

Alkohol dan beberapa obat-obatan dapat membuat mulut kering. Jika pengobatan yg anda jalani menyebabkan mulut kering, bicaralah dengan dokter untuk meminta larutan fluorida atau gel fluoride saat menyikat gigi. 


Tips untuk menurunkan resiko terjadinya lubang gigi :

1. Membatasi ngemil

Jika anda ingin ngemil, pilih dengnan bijak. Pertimbangkan untuk mengunyah permen karet bebas gula karena dapat menungkatkan air liur dan mencuci makanan yg asam. 

2. Minum banyak air

Air berfluoride dapat membantu mencegah lubang gigi. Jika anda memilih air kemasan, cek kandungan Fluoride pada label.

3. Jaga kebersihan rongga mulut 

Sikatlah gigi 2x sehari dan flossing 1x sehari. Kunjungi dokter gigi 2x setahun untuk pembersihan dan pemeriksaan.






Sent from my iPhone

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: