Napas Bau di Pagi Hari, Mengapa?

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 19.19 -
  • 0 komentar

Apakah Anda pernah bangun di pagi hari dan cepat-cepat menutup mulut dengan tangan sehingga pasangan Anda tidak mencium bau mulut Anda?

Napas pagi, pada beberapa orang terasa sangat bau. Mengapa itu bisa terjadi? 

Berikut alasannya, ketika Anda tidur, produksi air liur berkurang sehingga mulut lebih kering. Ketika mulut Anda kering, bakteri penghasil bau berkembang biak. Itu sebabnya napas Anda bisa lebih bau di pagi hari.

Jika Anda mendengkur atau bernapas melalui mulut di malam hari, maka napas anda akan lebih bau dari orang yang tidak mendengkur. 




Penyebab lain dari Napas bau adalah :

- Obat-obatan. Beberapa obat dapat menyebabkan mulut menjadi kering dalam semalam, itu akan membuat napas menjadi lebih bau. 

- Rokok. Perokok juga memiliki napas pagi buruk. Merokok tidak hanya menyebabkan air liur mengering tetapi juga dapat menaikkan suhu mulut Anda, membuatnya menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri yang menyebabkan bau mulut. 

- Alergi juga dapat menyebabkan bau mulut. Lendir yang menetes ke bagian belakang tenggorokan Anda menjadi sumber makanan bagi bakteri. 




Cara Mengatasi Napas Bau


Berbahagialah, karena napas bau merupakan keadaan yang dapat di atasi. Antara lain dengan :

1. Sikat gigi. Penyebab bau adalah bakteri yang menumpuk antara gigi dan di lidah Anda, 

Ketika Anda menyikat, pastikan untuk melakukan setidaknya dua menit, bukan 35 atau 40 detik yang biasa dilakukan orang banyak. 

Setelah menyikat, segeralah tidur, jangan tergoda dengan makanan dan minuman lagi. 

Tempat favorit lain bagi bakteri penyebab bau adalah bagian belakang lidah. Jadi jangan lupa sikatlah juga lidah anda sebelum tidur. 

2. Floss. Menyikat saja tidak akan menghilangkan partikel makanan yang terjebak di antara gigi dan gusi. Oleh karena itu, lakukanlah flossing pada malam hari. 

3. Kumur. Obat kumur akan menyingkirkan bau tapi hanya sementara. Jika memang diperlukan, berkumurlah sesuai anjuran dalam kemasan. Jika tertulis 30 detik, lakukan sesuai anjuran, jika kurang dari itu maka bakteri tidak akan mati. 


Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: