8 Hal yang Menyebabkan Orang Malas Ke Dokter Gigi

  • Diposting oleh Drg Dian Yunita
  • di 23.58 -
  • 0 komentar
Tidak hanya di Indonesia, dokter gigi sepertinya merupakan sosok yang menakutkan di seluruh dunia. Beberapa penyebab orang malas dan  takut ke dokter giga adalah sebagai berikut :

1. Trauma masa kecil









Pengalaman buruk dengan dokter gigi di masa kecil dapat menimbulkan ketakutan seumur hidup. Ini adalah alasan paling umum dari orang-orang yang takut ke dokter gigi.


2. Takut jarum



Banyak orang yang tidak terlalu takut ke dokter gigi, tetapi mereka takut dengan jarum suntik. Mintalah dokter gigi anda untuk mengoleskan gel penghilang rasa terlebih dahulu sebelum menyuntik, sehingga anda tidak akan merasakan tusukan jarum saat anestesi masuk.

3. Takut Sakit
Pikiran akan kemungkinan sakit yang dirasakan saat perawatan gigi biasanya lebih buruk dari sakit itu sendiri. Beberapa orang semakin gelisah jika menunggu waktunya dipanggil.

4. Di Luar Kendali
Ketika anda sudah masuk ruang perawatan gigi, maka percayalah sepenuhnya pada sang dokter gigi. Anda ada di posisi dimana anda tidak bisa melihat apa yang dokter gigi lakukan terhadap gigi anda dan anda juga tidak punya kendali atas apa yang sedang dilakukan. Percayalah bahwa anda sudah ditangani oleh tenaga profesional.

5. Takut Bor

Suara bor gigi melengking dan membuat beberapa orang ngilu. Ada yang bilang seperti suara kapur tulis saat menorehkan tulisan di papan tulis. Nada tinggi suara bor menyatu dengan suara suction akan sangat mengganggu untuk banyak orang. Tapi klinik-klinik sekarang sudah banyak yang dilengkapi dengan musik dan siaran tv atau video, yang akan meningkatkan kenyamanan pasien.

6. Bau Klinik Gigi
Semua bahan yang dipergunakan di klinik gigi memiliki bau yang berbeda-beda yang sebagian membuat orang gelisah bahkan sebelum mereka duduk di dental unit.

7. Malu
Banyak orang menghindari ke dokter gigi karena mereka malu dengan kondisi mulut mereka yang memiliki banyak lubang. Yakinlah bahwa dokter anda telah melihat ratusan bahkan ribuan kasus yang lebih parah dari anda. Menghindari dokter gigi dengan alasan ini hanya akan memperparah kondisi gigi anda.

8. Tersedak
Perawatan gigi melibatkan banyak air yang masuk ke mulut yang bisa menetes ke belakang tenggorokan, hal ini membuat kita merasa seperti tersedak. Orang dengan refleks muntah yang tinggi akan menghindar ke dokter gigi karena mereka akan merasakan rasa tidak nyaman tersebut.






(gigi sehat)

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: