Gusiku Kok Berdarah?

Gusiku kok berdarah?

 

 

            "Dok, saya selalu menyikat gigi malam sebelum tidur, menyikat giginya dengan gerakan memutar sama seperti biasanya. Tapi kenapa tiba-tiba pas kumur berdarah ya dok? Apa karena sikat gigi saya terlalu keras? Saya jadi takut menyikat gigi dok."

 

Pertanyaan seperti ini cukup sering dikeluhkan oleh pasien, malah seringkali menimbulkan ketakutan sehingga pasien tidak mau menyikat gigi. Tentu saja tindakan itu tidak tepat. Setelah hal tersebut terjadi, sering timbul pertanyaan seperti Apa penyebab gusi berdarah? Kenapa gusi seseorang bisa berdarah? Apakah ini sebuah penyakit? Bagaimana cara agar gusi saya tidak berdarah lagi dok? Mari kita bahas lebih lanjut.

 

1.     Apakah gusi berdarah merupakan sebuah penyakit?

Ya, gusi berdarah merupakan suatu tanda dari sebuah penyakit yang menyerang struktur jaringan dan tulang pendukung gigi yang dikenal sebagai gingivitis.

2.     Gingivitis? Apa itu dok?

Gingivitis adalah peradangan yang terjadi pada gusi, peradangan ini biasanya terjadi disebabkan oleh bakteri, plak yang terus berakumulasi di gigi dan dapat menjadi karang gigi. Gingivitis ini merupakan tahap awal dari penyakit yang menyerang gusi dan tulang pendukung gigi, tidak berbahaya dan dapat sembuh jika dirawat. Namun, apabila tidak dirawat, penyakit ini bisa berkembang lebih parah dan menyebabkan peradangan pada tulang yang mendukung gigi kita.

3.     Ciri-ciri orang yang sakit gingivitis apa saja sih dok?

Biasanya orang yang menderita gingivitis memiliki beberapa tanda umum seperti gusinya mudah berdarah, warna gusinya berubah menjadi merah (warna gusi normal adalah merah muda/pink), gusi yang berada disekitar gigi biasanya terlihat tajam-tajam namun jadi terlihat membulat seperti membengkak.  

 

 

 

 

 

Gambaran gingivitis

Source: https://pocketdentistry.com/15-clinical-features-of-gingivitis/

 

4.     Lalu bagaimana dok cara menyembuhkan penyakit gingivitis ini?

Cara menyembuhkan sebuah penyakit prinsip dasarnya adalah dengan menghilangkan faktor penyebabnya. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gingivitis, namun biasanya yang paling umum adalah tingkat kebersihan mulut yang kurang baik. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, dengan cara menyikat gigi dua kali dalam sehari tentu saja dengan teknik yang benar. Selain itu, harus rutin membersihkan karang gigi dan pembersihan karang gigi ini hanya dapat dilakukan oleh seorang dokter gigi.

 

Scaling

Scaling merupakan tindakan perawatan untuk menghilangkan plak, kalkulus (karang gigi) dan stain pada permukaan supragingiva (bagian atas gusi) dan subgingiva (bagian bawah gusi). Peralatan yang digunakan pada proses scaling disebut scaler. Ada dua tipe scaler, yaitu scaler manual dan scaler ultrasonik. Scaler manual menggunakan instrument scaling dasar dengan mengandalkan kekuatan tangan dari dokter gigi dalam pemakaiannya (gambar a). Sedangkan scaler ultrasonik menggunakan tenaga listrik yang lebih sering digunakan saat ini (gambar b).

 

Gambar a. scaler manual                             Gambar b. scaler ultrasonik

 

Kalkulus (karang gigi) yang tidak dibersihkan semakin lama akan menumpuk dan akan terjadi akumulasi bakteri yang mengakibatkan gingivitis. Jika telah terjadi gingivitis dan tidak dilakukan perawatan maka akan berlanjut ke tahap periodontitis yang dapat membuat gigi menjadi goyang bahkan bisa membuat gigi menjadi terlepas.

 

Scaling sebaiknya dilakukan 6 bulan sekali oleh dokter gigi. manfaat dari scaling antara lain, dapat menghilangkan kalkulus yang merupakan sumber bakteri pada rongga mulut, dapat mencegah peradangan pada gusi, dapat membantu menghilangkan bau mulut karena kalkulus yang menumpuk merupakan salah satu penyebab bau mulut, dan setelah kalkulus hilang gigi akan terasa halus dan terlihat lebih bersih dan cerah.

Semoga penjelasan diatas dapat menjawab pertanyaan Bapak/Ibu selama ini dan jadi lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya ya.

 

Author

Admin by Drg. Dian Yunita

Dokter Gigi alumnus FKG Universitas Indonesia. Klinik Gigi yang dikelolanya beralamat di Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. Hubungi HP : 0811-357-9191 | BB : 25C-2C-68C | Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar: